Rabu, 29 Maret 2017

Review Jurnal Ke 2 (Perkembangan Akuntansi Internasional)

Riview Jurnal Perkembangan Akuntansi Internasional
Nama Jurnal
Jurnal “Tata Arta” UNS
Volume / Halaman
Vol. 2 No. 1 Halaman 39 - 51
Judul Jurnal
STUDI LITERATUR TENTANG PENERAPAN INTERNATIONAL FINANCIAL REPORTING STANDARDS (IFRS) PADA PERUSAHAAN YANG LISTING DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2011 (Studi Kasus pada PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, dan Bank Central Asia Tbk)
Nama Penulis
Joko Sarwono, Sri Witurachmi, Sohidin
Tanggal Jurnal
Januari 2016
Download
Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjawab pertanyaan mengenai; 1) Kendala yang dihadapai dalam proses adopsi IFRS di Indonesia. 2) Manfaat bisnis yang didapatkan oleh perusahaan public dalam menerapkan IFRS, 3) Dampak Positif apa yang diperoleh perusahaan setelah mengadopsi IFRS.
Metode Penelitian
Metode yang digunakan adalah deksriptif kualitatif diana data diperoleh melalui data sekunder berupa archival report dan penelitian terdahulu yang relevan dengan penelitian. Pengambilansampeldengancarapurposive sampling serta studi kepustakaan dalam mengumpulkan data. Melalui triangulasi sumber data diharapkan data yang diperoleh lebih beragam dan lebih meyakinkan untuk mendapatkan kesimpulan sementara.
Variabel Penelitian
-






Hasil Penelitian
Dampak penerapan IFRS sangat beragam, tergantung   dari jenis perusahaan yang menerapkannya. Karena jenis transaksi, elemen laporan keuangan yang dimiliki, dan juga pilihan kebijakan akuntansi juga mempengaruhi proses adopsi. Hal ini karena IFRS mengharuskan perusahaan melakukan peninjauan atas sistem dan prosedur akuntansinya. Beberapa standar menharuskan perusahaan melakukan atas penggunaan estimasi pada tanggal pelaporan untuk menguji apakah estimasi yang dilakukan masih valid untuk digunakan. SOP akuntansi harus memasukkan prosedur untuk melakukan review dalam mengadopsi peraturan yang ada di dalam standar tersebut (Martani, 2012).





Kesimpulan
Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa kendala yang dihadapi dalam penerapan IFRS di Indonesia adalah, (1) Kurang siapnya SDM. (2) Kelemahan Pada Proses transliterasi/ penerjemahan bahasa Inggris dalam standar IFRS kedalam Bahasa Indonesia (3) Biaya yang mahal.
Selain kendala yang dihadapi, terdapat juga dampak bisnis penerapan IFRS di Indonesia oleh perusahaan publik. Hal tersebut adalah, (1) Akses kependanaan internasional akan lebih terbuka karena laporan keuangan akan lebih mudah dikomunikasikan ke investor global. (2) Relevansi laporan keuangan akan meningkat karena lebih banyak menggunakan nilai wajar, (3) Kinerja keuangan (laporan laba rugi) akan lebih fluktuatif apabila harga-hargaf luktuatif, (4) Smoothing income menjadi semakin sulit dengan penggunakan balance sheet approach danfair value
Selain itu manfaat yang diperoleh bagi perusahaan public setelah mengadospi IFRS tentulah berbeda antar satu jenis industry dengan industri yang lain. Manfaat positifnya hamper seragam yakni membaiknya kondisi keuangan perusahaan.




Tanggapan
Perlunya suatu perusaahaan mengadopsi IFRS merupakan salah satu cara menyempurnakan standar akuntansi bagi pencatatan laporan keuangan karena dengan cara itu laporan keuangan perusahaan-perusahaan publik di Indonesia memenuhi prinsip akuntabilitas secara internasional dan mampu diperbandingkan dengan laporan perusahaan luar negeri. Dengan demikian dapat memberikan sumbangan positif terkait manfaat yang dapat diperoleh perusahaan-perusahaan asal Indonesia di mata dunia internasional dan investor.
Jurnal tersebut sudah bagus penjelasannya hanya saja dalam jurnalter sebut tidak memuat variable yang digunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar