Rabu, 31 Mei 2017

Jurnal ke 9 (Analisis Laporan Keuangan Internasional)

Judul Jurnal
ANALISIS LAPORAN KEUANGAN INTERNASIONAL: DAMPAK DARI HARMONISASI MELALUI IFRS
Volume / Halaman
-
Nama Penulis
Mafudi dan Negina Kencono Putri
Tahun Jurnal
-
Tujuan Penelitian
Melihat pengaruh perbedaan akuntansi pada analisis laporan keuangan diberbagai negara dengan melihat hasil berbagai uji empiris yang telah dilakukan.
Metode
Tax pavable atau tax effect
Variabel Penelitian
Variabel bebas: Dampak perbedaan keragaman akuntansi
Variabel terikat: Analisis laporan keuangan internasional
Hasil Penelitian
Tujuan penyusunan dan pengguna masing-masing negara juga berbeda, tergantung pada kondisi ekonomi, sosial, politik dari sistem akuntansi-nya dimana negara tersebut berada.
Kesimpulan
Dari hasil penelitian empiris diatas dapat ditunjukkan bahwa perbedaan rasio keuangan tetap signifikan dalam beberapa hal ketika perbadingan dibatasi untuk pasangan negara tertentu terutama untuk masalah likuiditas, solvency, indebtedness dan ROA berdasarkan operating income. Gambaran secara keseluruhan dari suatu perusahaan dipengaruhi oleh keragaman aturan terhadap item-item laporan keuangan. Setelah mengungkapkan beberapa perbedaan dalam praktek akuntansi antar negara, maka perlu dipertimbangkan adanya harmonisasi. Harmonisasi tersebut dapat ditempuh dengan cara meningkatkan disclosure atas laporan keuangan atau dengan cara mengurangi alternatif pemilihan metode akuntansi. Agar usaha untuk meminimalkan keragaman akuntansi ini berhasil, maka komunitas bisnis global harus dilibatkan. Berbagai regulator dari berbagai negara harus bekerja sama agar tidak ada preferensi yang diberikan untuk perusahaan domestik maupun multinasional sejauh persyaratan accounting treatment atau disclosure dipertimbangkan. Para regulator harus yakin bahwa mereka dapat memenuhi tanggung jawabnya untuk menyediakan informasi yang komparabel bagi seluruh investor.
Pendapat Mengenai Penelitian
 Dalam penelitian ini tidak menampilkan pelaporan keuangan, sehingga sebagai pembaca sulit untuk melihat perbedaannya. Di penelitian ini hanya diungkapkan bahwa ada perbedaan yang signifikan. Tetapi penelitian ini sudah rinci mengenai cara harmonisasi yang dapat ditempuh.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar