Rabu, 29 Januari 2014

Persaingan



Persaingan sebuah kata yang tak lazim di dunia ini. Banyak orang melakukan hal ini. Biasanya orang melakukan persaingan untuk mendapatkan kemenangan. Berbagai macam persaingan contoh seperti persaingan di salah satu turnamen olahraga, mereka ingin mendapatkan sebuah kemenangan berupa piala, mendali dan uang. Ada juga persaingan di sekolah, seperti ingin menjadi juara kelas, dan masih banyak lagi persaingan lainnya.
Persaingan dapat di lakukan dengan berbagai macam cara, ada persaingan dengan cara curang dan cara tidak curang atau biasa dibilang persaingan secara sehat. Persaingan secara curang, orang akan melakukan berbagai macam cara untuk mendapatkan kemenangan. Ada yang berbohong, ada yang mencelakakan pesaingnya, dan ada pula yang menjerumuskan pesaingnya agar kalah dalam bersaing.
Biasanya orang yang melakukan persaingan dengan cara curang, mereka tidak memikirkan segala resiko yang akan timbul. Contoh resiko yang bisa timbul kepada pelaku dalam persaingan curang, di cemooh orang lingkungan, mendapat hukuman, dan resiko yang lebih menakutkan yaitu mendapat dosa dan disiksa di akhirat.
Tetapi selain persaingan dengan cara curang ada juga yang bersaing dengan cara tidak curang atau persaingan secara sehat. Persaingan dengan cara tidak curang atau sehat contoh seorang pelajar yang ingin menjadi juara kelas, mereka berusaha dengan cara tekun dalam belajar.
            Pesaing sangat memikirkan apa yang harus dilakukan dan memikirkan apa yang akan terjadi tanpa menimbulkan masalah. Persaingan secara tidak curang atau secara sehat tidak akan menimbulkan masalah jika seseorang yang gagal bisa menerima kegagalannya, karena mereka bersaing secara sportif.
Tetapi terkadang persaingan secara tidak curang atau secara sehat juga dapat menimbulkan masalah. Masalah ini dapat muncul ketika seseorang tidak dapat menerima kegagalannya. Masalah yang akan timbul bisa berkelahi atau ribut, menjahatkan pemenangnya, dan bisa sampai yang ingin bunuh diri karena malu akibat kegagalanya.
Saya juga pernah bersaing dan saya pun gagal dalam persaingan tersebut. Awal saya sangat terpukul, sangat sedih, dan sangat malu ketika kegagalan itu datang, tetapi karena saya selalu diberikan masukan yang positif, saya selalu melakukan hal positif dan berfikiran positif semua rasa itu hilang, saya bisa menerima semua kegagalan itu, dan saya bisa bangkit untuk memulai persaingan yang lain.
Nah kita boleh bersaing, tetapi pilihlah bersaing dengan cara tidak curang atau sehat. Karena bersaing dengan cara tidak curang akan membawa kita menjadi orang yang lebih dewasa dan pintar dalam memilih tindakan yang baik. Jika kita gagal janganlah putus asa dan berusahalah melakukan hal positif dan berfikir positif.
Semoga bermanfaat, jika ada kekurangan mohon maaf :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar