Sabtu, 10 Maret 2018

Impian Perjalanku Ke Raja Ampat

Indonesia terkenal dengan istilah negara kepulauan, karena Indonesia memiliki banyak pulau. Banyaknya pulau di Indonesia, menjadikan Indonesia memiliki banyak tempat alam yang indah-indah. Hampir tidak ada bagian di Indonesia yang tidak indah, karena ditutupi dengan tempat-tempat yang indah. Salah satu tempat yang indah di Indonesia yaitu, Raja Ampat.



Raja Ampat terletak di sebelah barat pulau Papua. Aku memang tidak pernah ke Raja Ampat, tetapi aku sering sekali melihat Raja Ampat di televisi dan sosial media. Melihat indahnya Raja Ampat, membuat aku tertarik untuk berkunjung kesana. Katanya disana itu surganya fauna di bawah laut. Diketahui ada 75% spesies ikan di seluruh dunia ini ada di perairan Raja Ampat. Perairan Raja Ampat memiliki ekosistem alam yang masih terjaga kelestariannya. Bukan hanya fauna, tetapi disana juga surganya flora.

Aku adalah orang yang senang sekali melihat pemandangan-pemandangan alam seperti Raja Ampat ini. Tertariknya aku dengan Raja Ampat, sampai-sampai ketika skripsi tahun lalu aku mengambil tema tentang Papua Barat, dimana Raja Ampat merupakan salah satu Kabupaten di Papua Barat. Dengan aku mengambil skripsi tersebut, aku semakin tertarik untuk berkunjung ke Papua Barat, terutama Raja Ampat. Raja Ampat merupakan impian travel terbesarku.

Jika aku berkesempatan bisa ke Raja Ampat, pertama pastinya aku harus pesan tiket pesawat. Aku si orangnya ga mau repot-repot ngantri beli tiket pesawat di airport, jadi kalau aku si lebih memilih pesan tiket di tiket.com. Melalui aplikasi tiket.com, aku bisa cari harga tiket pesawat yang sesuai budget aku, cari pesawat yang maskapainya menyediakan perjalanan ke Raja Ampat, cari jadwal penerbangan, sekaligus kelas pesawat yang aku diinginkan.

Setelah pesan tiket pesawat, sekalian deh pesan hotel juga di tiket.com. Disini aku bisa pesan hotel dengan lokasi yang aku inginkan, booking tanggal penginapan, fasilitas hotel yang menurut aku nyaman dan yang pasti, aku bisa pilih hotel sesuai budget aku. Jadi dalam satu satu aplikasi, #TiketKemanapun, akan dapat dalam satu genggaman tangan.

Selain tiket pesawat dan pesan hotel, yang wajib banget aku bawa adalah kamera. Raja Ampat itu indah banget di setiap sudutnya, jadi wajib banget aku abadikan melalui kamera. Melalui hasil foto yang nanti aku ambil, aku bisa memberitahukan kepada seluruh dunia bahwa Indonesia mempunyai tempat yang sangat indah dan wajib di kunjungi.

Tiket pesawat udah, booking hotel udah dan bawa kamera udah, tak terlupakan aku harus bawa baju yang akan aku pakai untuk travelling di sana. Aku juga akan membawa makanan dan minuman yang cukup banyak, karena katanya perjalanan dari Jakarta ke Kota Sorong itu 6 jam. Belum lagi dari Kota Sorong ke Raja Ampatnya, ya kira-kira dari Jakarta ke Raja Ampat membutuhkan waktu 10 jam lebih. Jadi, perlu banget deh aku membawa makanan dan minuman yang banyak.


Ketika nanti pertama kali aku menginjakan kaki di Raja Ampat, aku akan langsung menuju ke Pulau Waigeo. Pulau Waigeo merupakan salah satu pulau yang paling mudah dijangkau dengan transportasi umum dibandingkan dengan pulau lainnya di Raja Ampat. Meskipun begitu, masih menjadi tantangan untuk menjelajahi keberagamannya. Pulau ini merupakan pulau terbesar dari empat pulau utama di Raja Ampat, dimana juga merupakan ibu kota Kabupaten Raja Ampat. Disana nanti aku mau diving, ke pulau batu karang, dan aku bisa menemukan teluk indah berdinding tebing yang menjulang. Selain pemandangan laut, aku juga senang sekali jika bisa melihat dan memasuki hutan-hutan. Nah di pulau ini, aku mau menjelajahi hutan rimba yang luas dan melihat interior pengamatan burung baik, meski sebagian besar hutannya masih belum bisa diakses.


Hari kedua, aku mau ke Pulau Misool. Pulau Misool bisa dikatakan surganya dunia dengan keindahan pantai dan tanaman laut yang begitu menakjubkan. Pulau ini berbatasan langsung dengan Laut Seram, sehingga memiliki laut lepas yang luas. Di laut lepas ini menjadi tempat strategis untuk jalur perlintasan hewan buas, seperti paus dan hiu. Aku mau melihat air laut di pulau ini yang berwarna hijau tosca dengan hamparan pasir putih disekitarnya. Pulau Misool juga disebut surga tropis, karena lingkungannya dipenuhi pepohonan hutan tropis dan bakau yang hijau. Jika aku bisa kesana, hmmm pasti hati dan pikiran akan adeemmm banget seperti hutan hujan tropis dan bakau hehehe. Di pulau ini juga ada danau ubur-ubur. Ubur-ubur disini tidak beracun, jadi aman jika aku diving.




Selain banyaknya pemandangan laut, Raja Ampat juga mempunyai air terjun yang sangat indah yaitu di Pulau Batanta. Pastinya jika aku berkesempatan ke Raja Ampat, hari ketiga, aku akan mengunjungi air terjun Batanta ini. Air terjun Batanta ini berada di pendalaman hutan bakau. Di belakang air terjun juga terdapat goa kecil yang hanya dapat dimasuki lima orang. Sebelum menjelajahi Pulau Batanta ini, aku harus trekking yang menjadi petualangan hebat bagi aku nanti jika berkunjung kesana. Di pulau ini juga, aku mau menemukan populasi burung cendrawasi. Dimana, burung cendrawasi ini merupakan ikon Papua.


Hari ke empat, aku mau berkunjung ke Pulau Salawati. Di pulau ini terdapat pantai yang masih jarang dikunjungi dan alamnya masih murni. Pulau ini menjadi saksi bisu perang dunia ke II, bisa dilihat dari peninggalan-peninggalan bunker Belanda dan Jepang yang bisa aku temukan di pulau ini. Jadi disini selain aku bisa menikmati indahnya alam, aku juga bisa mengingat-ingat sejarah perjuangan penjajahan Indonesia dan menambah ilmu pengetahuan. Di Pulau Salawati ini juga terdapat species baru, yaitu ikan Pelangi Salawati. Ikan ini hanya terdapat di Pulau Salawati, dimana ditemukan oleh tim riset Indonesia dan Perancis. Selain itu, di pulau ini terdapat pohon sagu yang lebat. Pohon-pohon sagu disini tumbuh liar tanoa ada yang menanam. Dimana, Papua terkenal dengan makanan berbahan sagu. Jadi jika aku berkesempatan ke pulau ini, aku bisa merasakan makanan berbahan sagu khas masyarakat Papua dan melihat langsung pohon-pohon sagunya.

Setelah menjelajahi setiap sudut Raja Ampat, dan mengabadikan setiap momen pemandangannya dengan berfoto-foto, pada hari ke lima, aku mau berbelanja oleh-oleh untuk keluarga dan tetangga di rumah. Setelah itu, baru deh prepare pulang dan menuju bandara.

Duh jadi semakin tertarik untuk berkunjung ke Raja Ampat. Tidak ada alasan untuk aku tidak ingin ke Raja Ampat, karena sudah jelas bahwa Raja Ampat memiliki keindahan alam yang dapat menjernihkan pikiran dan tempat mencari ilmu selain di sekolah dan kampus. Mimpi-mimpi indah ke Raja Ampat ini sudah lama sekali aku inginkan, tetapi kondisi keuangan yang membuat aku belum bisa kesini. Berharap tiket.com dan travel.detik.com dapat mewujudkan impian perjalananku ke Raja Ampat. Aamiin...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar