Senin, 09 Desember 2013

PERINTAH INTERNAL DOS


Disk Operating System (disingkat DOS) adalah keluarga sistem operasi yang digunakan di komputer pribadi. Sekarang, istilah DOS menjadi istilah umum bagi setiap sistem operasi yang dimuat dari perangkat penyimpanan berupa disk saat sistem komputer dinyalakan. Sistem Operasi Disk (Disk Operating System – DOS) merupakan sistem yang digunakan untuk mengelola seluruh sumber daya pada sistem komputer.
Command Interpreter adalah suatu program yang membaca perintah berdasarkan teks yang diterima melalui User atau File. Sistem Operasi menunggu instruksi dari pengguna. Program yang membaca instruksi dan mengartikan control statements umumnya disebut: control-card interpreter, command-line interpreter, dan UNIX shell. Command-Interpreter System sangat bervariasi dari satu sistem operasi ke sistem operasi yang lain dan disesuaikan dengan tujuan dan teknologi I/O devices yang ada. Contohnya: CLI, Windows, Pen-based (touch), dan lain-lain.
Perintah Internal DOS adalah adalah perintah yang tidak lagi membutuhkan file khusus,karena semua instruksi internal sudah ditampung dalam file command.com
Cara membuka CMD pada windows 8 dengan menekan logo windows pada keyboard lalu ketik huruf R, maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini. 



Pada Command Prompt banyak perintah-perintah yang bisa kita gunakan, antara lain seperti:

*     CD
CD adalah perintah ini digunakan untuk membuka file. CD dapat digunakan dengan cara mengetik C:\>CD (nama folder) pada command prompt. Contoh seperti gambar di bawah ini.





*     MD
MD adalah perintah ini digunakan untuk membuat folder. MD dapat digunakan dengan cara mengetik C:\>MD (nama folder yang ingin dibuat) pada command prompt. Contoh seperti gambar di bawah ini.
 

*     REN/RENAME
Ren/Rename adalah perintah ini digunakan untuk (Rename) nama file dengan file yang baru. Ren/Rename dapat dilakukan dengan cara mengetik C:\>REN (nama folder yang ingin diganti nama) pada command prompt. Contoh seperti di bawah ini.
Saya ingin mengganti nama folder Annisa menjadi 1EB18. Dibawah ini adalah gambar folder yang belum diganti nama, foldernya masih nama Annisa.


 

Setelah mengetik C:\User\G4\Documents> REN Annisa “1EB18” maka folder Annisa akan terganti menjadi nama 1EB18 seperti gambar di bawah ini.




*     Time
Time adalah perintah ini digunakan untuk mengubah waktu. Time dapat dilakukan dengan cara mengetik C:\>TIME, maka data waktu akan muncul seperti contoh di bawah ini.

 



*     DATE
Date adalah perintah ini digunakan untuk mengubah tanggal dari sistem DOS. Date dapat dilakukan dengan cara mengetik CD:\>DATE pada command prompt, maka data tanggal akan muncul seperti gambar di bawah ini.

 




*     CLS
.
CLS adalah Clear screen perintah ini digunakan untuk membersihkan semua tulisan yang ada di layar komputer. CLS dapat dilakukan dengan cara mengetik C:\>CLS pada command prompt, maka semua perintah yang terdapat di command prompt akan terhapus, seperti contoh di bawah ini.
Gambar di bawah ini merupakan perintah-perintah yang sudah dibuat di command prompt. Lalu sekarang kita ketik C:\>CLS



Maka setelah kita mengetik C:\>CLS tampilan peritah-perintahnya sudah terhapus seperti gambar di bawah ini.

 




*     EXIT
Exit adalah perintah ini digunakan untuk menutup tampilan jendela command prompt. Exit dapat dilakukan dengan cara mengetik C:\>EXIT pada command prompt. Seperti contoh di gambar di bawah ini.
Gambar di bawah ini merupakan tampilan command prompt dengan mengetik C:\>Exit sebelum di enter.

 



Setelah ditekan tombol enter maka tampilan jendela command prompt akan tertutup seperti gambar di bawah ini.

 



*     VER
VER adalah perintah ini digunakan untuk menampilkan versi DOS yang digunakan. VER dapat dilakukan dengan cara mengetik C:\>VER pada command promprt. Maka tampilan versi DOS yang digunakan akan muncul seperti di bawah ini.





*     VOL
VOL adalah perintah ini digunakan untuk menampilkan volume label atau nomor seri dari sebuah disk. Vol dapat digunakan dengan cara mengetik C:\>VOL pada command prompt. Maka volume label akan muncul, seperti gambar di bawah ini.

 




*     TREE
TREE adalah perintah yang digunakan untuk melihat folder apa saja yang terdapat di dalam sebuah folder. Tree dapat dilakukan dengsn cara mengetik C:\>TREE pada command prompt. Contoh seperti gambar di bawah ini.


 



*     RMDIR
RMDIR adalah perintah yang digunakan untuk menghapus folder. RMDIR dapat dilakukan dengan cara mengetik C:\>RMDIR pada command prompt. Contoh seperti dibawah ini.
Saya ingin menghapus folder Annisa, di bawah ini gambar folder sebelum di hapus.




Setelah kita mengetik C:\>RMDIR “Annisa” maka folder dengan nama Annisa akan terhapus seperti gambar di bawah ini.

 




*     DEL
Del adalah perintah untuk menghapus file yang sudah ada. Del dapat dilakukan dengan cara mengetik C:\>Del pada command prompt. Contoh seperti di bawah ini.
Saya ingin menghapus file yang bernama Annisa. Gambar ini file yang belum dihapus.

 




Saya akan menghapus file Annisa dengan mengetik C:\Users\USER\Documents>Del Annisa.docx . Saya memakai Users\USER\Documents karena file yang saya ingin hapus berada di folder Document.





*     RD
RD adalah perintah digunakan untuk menghapus subdirectory. Jika ingin menghapus sebuah directory, posisi penghapusan subdirectory yang akan dihapus harus berada diluar dari subdirektori tersebut dan direktori yang akan dihapus harus benar-benar kosong. Jika tidak kosong, maka mengunakan instruksi del*.*. Perintah RD dapat dilakukan dengan mengetik C:\>RD.
Contoh. Saya ingin menghapus folder Annisa. Di bawah ini adalah folder Annisa sebelum di hapus.

 



 Setelah mengetik C:\Users|USER\Documents>RD , maka folder Annisa akan terhapus
 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar