Riview Jurnal Perpajakan
Internasional dan Penetapan Harga Transfer
|
|
Nama Jurnal
|
Jurnal Akuntansi dan Investasi
|
Volume
|
Vol. 16 No. 1 Halaman 63 - 73
|
Judul Jurnal
|
Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive dan Mekanisme Bonus
Terhadap
Keputusan Transfer Pricing
|
Download
|
http://journal.umy.ac.id/index.php/ai/article/view/1348
|
Nama Penulis
|
Mispiyanti
|
Tanggal Jurnal
|
Januari 2015
|
Tujuan Penelitian
|
Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui bukti
empiris pengaruh pajak, tunneling incentive dan mekanisme bonus terhadap
keputusan transfer pricing perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek
Indonesia.
|
Metode Penelitian
|
Metode penelitian yang digunakan adalah metode purposive
sampling
|
Variabel Penelitian
|
Variabel penelitian yang digunakan
adalah tentang pajak.
|
Hasil Penelitian
|
Hasil
dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pajak dan mekanisme bonus
tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan transfer pricing. Sementara,
tunneling incentive berpengaruh signifikan terhadap keputusan transfer
pricing.
|
Kesimpulan
|
Berdasarkan
hasil analisis pengaruh dari variabel pajak, tunneling incentive dan
mekanisme bonus terhadap keputusan transfer pricing pada perusahaan
manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010 sampai dengan
tahun 2013 dapat diambil kesimpulan bahwa hasil pengujian empiris menunjukkan
bahwa pajak dan mekanisme bonus tidak berpengaruh signifikan terhadap
keputusan transfer pricing perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek
Indonesia selama tahun 2010 sampai dengan tahun 2013. Namun untuk variabel
tunneling incentive berpengaruh signifikan terhadap keputusan transfer
pricing perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama
tahun 2010 sampai dengan tahun 2013. Implikasi dalam penelitian tentang
praktik transfer pricing pada perusahaan multinasional dengan status
kepemilikan asing adalah transfer pricing merupakan suatu harga jual khusus
yang dipakai dalam pertukaran antar divisi atau perusahaan. Namun dalam
praktiknya, transfer pricing banyak digunakan secara ilegal guna meminimalkan
beban pajak perusahaan. Namun dalam penelitian ini tidak terbukti,
kemungkinan perusahaan mengurangi beban pajak perusahaan dengan menerapkan
manajemen pajak. Mekanisme bonus merupakan salah satu strategi atau motif
perhitungan dalam akuntansi yang tujuannya adalah untuk memberikan
penghargaan kepada direksi atau manajemen dengan melihat laba secara
keseluruhan. Adanya kebijakan bonus yang sudah tepat, maka pemilik berharap
manajemen dapat meningkatkan kinerja perusahaan melalui efisiensi pembayaran
pajak. Namun, upaya menghemat pengelua-ran pajaknya tidak selalu dilakukan
dengan faktor mekanisme bonus, tetapi perusahaan dapat melakukan manajemen
pajak yang dapat berpengaruh terhadap nilai perusahaan secara keseluruhan.
|
Tanggapan
|
Berdasarkan
penelitian yang sudah dilakukan dapat memberikan maanfaat dan pengetahuan
lebih bagi pembaca mengenai pengaruh dari variabel pajak, tunneling incentive
dan mekanisme bonus terhadap keputusan transfer pricing pada perusahaan
manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010 sampai dengan
tahun 2013. Dan jurnal ini mungkin bisa dikembangkan lagi untuk penelitian
ilmiah dikarenakan jurnal ini hanya berfokus pada perusahaan manufaktur yang
terdaftar dibursa efek Indonesia.
|
Rabu, 31 Mei 2017
Jurnal ke 12 (Perpajakan Internasional dan Penetapan Harga Transfer)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar