Rabu, 18 November 2015

Tips dan Trik Menjadi Seorang Pelajar yang Membuka Usaha



Sekarang ini sudah tidak asing lagi melihat seorang pelajar berjualan atau menjadi pengusaha kecil. Makanan dan minuman menjadi favorit seorang pelajar untuk dijual. Tidak hanya berjualan makanan atau minuman, sekarang ini berjualan baju, celana, rok, kerudung dan barang lainnya juga menjadi objek untuk usahanya. Di jaman yang canggih seperti sekarang ini media social juga menjadi sasaran pelajar untuk berjualan. Banyak penjual online seperti di Facebook, Twitter, BBM, Whatsapp dan media social lainnya kita temukan adalah seorang pelajar.
Banyak pelajar yang ingin juga membuka usaha tetapi banyak pertimbangan mereka pikirkan. Beberapa pertimbangan yang dipikirkan oleh pelajar yang ingin membuka usaha yaitu, bagaimana modalnya untuk membuka usaha, bagaimana cara memanajemen waktu antara berjualan dengan belajar, bagaimana menahan rasa malu dan banyak lagi pertimbangan-pertimbangan lainnya.
Nah sekarang saya akan membagi tips dan trik nih gimana caranya kita seorang palajar menjadi seorang pengusaha kecil atau berjualan di sekolah atau di kampus:
1.      Persiapkan Mental yang Kuat
Jika kalian ingin membuka usaha baru atau berjualan kalian harus mempersiapkan mental terlebih dahulu. Mental yang harus dipersiapkan adalah mental menahan rasa malu. Banyak pelajar yang berjualan tetapi di ejek, di caci, dan di omongin di belakang dengan teman-temannya. Mental yang kuat pasti bisa melewati masalah ini. Jika mereka mengejek, mencaci dan ngomongin kita di belakang, biarkan saja. Kita berfikir positif saja jika mereka berlaku seperti itu berarti mereka perhatian dan perduli kepada kita. Tidak perlu minder atau berhenti untuk berjualan, lawan saja mereka dengan mental kuat kita dengan cara berdiam dan tetap berjualan. Jika kita berhasil, mereka juga akan malu sendiri. Jadi untuk membuka usaha persiapkan mental yang kuat kalian ya.

2.      Persiapkan Modal
Modal adalah syarat utama untuk membuka usaha baru. Kita bisa menyisihkan sebagian uang jajan kita untuk modal usaha kita. Cobalah mulai dari sekarang biasakan membawa bekal makan dan minuman untuk di sekolah, agar uang jajan kita bisa jadikan modal usaha kita. Selain bisa menambah uang kita untuk modal, membawa makan dan minuman dari rumah bisa menjamin kesehatannya daripada kita harus membeli jajanan di luar yang belum terjamin kesehatannya.

Jika kita ingin sesuatu barang yang memang sekiranya kurang bermanfaat dan tidak kita butuhkan, kita bisa menahannya untuk membeli. Menahan untuk membeli sesuatu memang susah, tetapi cobalah mulai dari sekarang agar keinginan kalian untuk membuka usaha bisa tercapai.

3.      Manfaatkan Fasilitas yang Ada
Di jaman yang modern ini tidak jarang sekolahan atau kampus yang tidak memakai wifi. Jika kalian ingin membuka usaha berjualan online, memakai jaringan wifi di sekolah dan di kampus bisa dimanfaatkan untuk kalian meng-upload dan men-download gambar-gambar barang yang ingin kalian jual. Selain kalian bisa meng-upload dan men-download gratis, kalian juga bisa berkomunikasi dengan pembeli kalian secara gratis. Kalian bisa lalukan ketika sedang jam istirahat atau jam kosong.

Selain di sekolah dan di kampus, jika kalian sedang jalan-jalan ke mall atau tempat makan sekarang ini banyak juga yang sudah menggunakan wifi. Jadi kalian tidak hanya jalan-jalan atau makan saja tetapi kalian bisa memanfaatkan wifi di mall atau di tempat makan untuk berjualan.

4.      Manajemen Waktu
Menjadi seorang pelajar kewajiban kita yang utama adalah belajar. Jika kita seorang pelajar ingin membuka usaha atau berjualan, jangan pernah melupakan kewajiban utama kita itu belajar. Seorang pelajar tidak bisa menghindarkan diri dari tugas, karena pasti selalu ada tugas yang diberikan dari guru atau dosen kita. Kita bisa mengerjakan tugas tersebut sampai selesai, setelah itu baru kita berjualan. Jangan pernah membelakangi tugas dan mendahulukan berjualan ya.

Ketika kita sedang belajar di sekolah atau di kampus, jangan pernah sekali-kali kita membiarkan guru atau dosen kita yang sedang menerangkan sementara kita sedang asik dengan gadged kita berjualan. Jika kita melakukan hal tersebut dan terlihat oleh guru atau dosen kita, tidak menutup kemungkinan guru atau dosen kita mengambil gadged kita. Dan sangat rugi sekali jika kita tidak memperhatikan guru atau dosen kita.

5.      Pintar Menawarkan
Pintar dalam menawarkan barang jualan kita juga salah satu hal terpenting yang perlu kalian punya. Kita bisa memilah memilih kata-kata yang ingin kita sampaikan kepada teman-teman kita. Jangan pernah berkata bohong akan barang yang kita ingin jual. Jika barang berkualitas jelek, katakanlah jelek. Jika barang berkualitas bagus, katakanlah bagus. Dan jangan pula menjelek-jelekan barang kita. Selain menawarkan kepada teman-teman sekelas kita juga bisa menawarkan barang dagangan kita kepada guru atau dosen kita yang sedang di kantor.

6.      Berikan Bonus kepada Pelanggan
Pelanggan adalah aset terpenting dalam usaha kita, karena tanpa pelanggan usaha kita tidak akan berhasil dan sukses. Pelanggan bisa mendatangkan keuntungan besar untuk kita. Melalui pelanggan kita bisa mendapatkan pembeli yang lebih banyak, karena biasanya pelanggan menawarkan barang dagangan kita juga keteman-temannya. Berikan bonus kepada pelanggan-pelanggan kita agar pelanggan kita tetap selalu membeli barang dagangan kita. Jangan pernah pelit untuk memberikan bonus kepada pelanggan kita ya.
  
Itulah cara-cara membuka usaha kecil atau berjualan selama menjadi pelajar. Nah mulai sekarang jangan malu dan jangan takut lagi ya untuk membuka usaha selama menjadi pelajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar